Wajib Tahu! Ini 5 Manfaat Buah Kiwi untuk Kesehatan

Please wait 0 seconds...
Scroll Down and click on Go to Link for destination
Congrats! Link is Generated


EDUKASIJUARA -- Buah kiwi adalah sejenis buah yang berasal dari pegunungan dan lereng bukit Cina Barat Daya. Buah ini sekarang ditanam di banyak wilayah lain di dunia, termasuk Selandia Baru, yang merupakan penghasil utama buah populer ini.

Kiwi terdiri dari dua jenis, yakni kiwi kuning atau emas dan kiwi hijau. Perbedaan antara kiwi berdaging hijau dan berdaging kuning adalah kiwi hijau mengandung pigmen hijau yang disebut klorofil, sedangkan kiwi kuning tidak.

Dilansir dari Healthline, kiwi memiliki banyak sekali kandungan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kiwi sangat tinggi vitamin C, dengan kiwi 3,5 ons (100 gram) menyediakan lebih dari 80 persen dari rata-rata kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan kuat dalam tubuh, melindungi sel dari kerusakan oksidatif. Itu juga terlibat dalam fungsi kekebalan dan tubuh Anda membutuhkannya untuk membuat kolagen dan neurotransmiter.

Selain itu, kiwi mengandung potasium, tembaga, vitamin K, folat, dan vitamin E, nutrisi yang larut dalam lemak yang memiliki efek antioksidan dan berperan penting dalam kesehatan kekebalan tubuh. Kiwi rendah kalori, protein, dan lemak, dan merupakan sumber serat yang baik.

Berikut 5 manfaat buah kiwi untuk kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Mengkonsumsi makanan yang kaya sayur dan buah seperti kiwi adalah cara cerdas untuk mendukung kesehatan jantung. Studi menunjukkan bahwa makan kiwi, khususnya, dapat membantu mengurangi faktor risiko penyakit jantung, termasuk tekanan darah tinggi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kiwi dapat membantu mengurangi kolesterol total dan trigliserida serta meningkatkan kolesterol HDL (baik) pelindung jantung.

2. Menjaga kesehatan pencernaan

Kiwi mengandung serat tidak larut dan larut. Studi menunjukkan bahwa kiwi mengandung sekitar sepertiga serat larut dan dua pertiga serat tidak larut.

Serat larut yang ditemukan dalam kiwi dapat bermanfaat bagi pengaturan gula darah dan kesehatan jantung serta membantu mendukung bakteri usus yang sehat, sedangkan serat tidak larut yang ditemukan dalam buah dapat membantu menjaga pergerakan usus tetap teratur.

Serat yang ditemukan dalam kiwi dapat menahan air dan membengkak lebih banyak daripada jenis serat lainnya, seperti serat apel dan dedak gandum, yang berarti itu adalah pilihan yang baik untuk meningkatkan konsistensi feses dan mengurangi waktu yang dibutuhkan makanan untuk melewati sistem pencernaan Anda.

Karena kualitas ini, kiwi bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang yang mengalami sembelit.

3. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah kiwi sebanyak 1–2 buah sebelum tidur dapat membantu seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak. Hal ini mungkin terjadi karena kandungan serotonin dan antioksidan yang ada dalam buah kiwi.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah kiwi untuk meningkatkan daya tahan tubuh disebabkan oleh kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah ini. Vitamin C merupakan unsur penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan melawan penyakit seperti flu.

5. Membantu Penyembuhan Luka

Buah kiwi mengandung vitamin C dan vitamin K yang memainkan peranan penting dalam penyembuhan luka. Vitamin C merupakan prekursor kolagen yang merupakan komponen struktural kulit Anda. Selain itu, antioksidan yang terdapat pada buah kiwi juga membantu memperbaiki luka dari dalam tubuh. Vitamin K juga dapat membantu membekukan darah, sehingga tidak terjadi pendarahan berlebih.(*)

About the Author

Admin

Posting Komentar

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.